Kabar gembira untuk para wisatawan yang hendak berlibur ke Jepang. Mulai berlaku sejak 15 September 2017, proses pengajuan visa ke negeri sakura kini semakin mudah dengan adanya layanan terpadu bernama Japan Visa Application Center (JVAC), yang berlokasi di Lotte Shopping Avenue, Jl. Prof. Dr. Satrio No. 3-5, Jakarta.



Dengan diberlakukannya JVAC ini, Kedubes Jepang kini tidak lagi melayani pengajuan aplikasi visa, kecuali untuk pengajuan aplikasi registrasi bebas visa e-paspor (yang juga bisa dilakukan di JVAC), visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor yang baru, serta visa yang berhubungan dengan masalah darurat kemanusiaan. Meskipun demikian, keputusan mengenai penerbitan visa tetap ditangani Kedubes Jepang.

Ada beberapa informasi prosedur yang wajib diketahui oleh pemohon visa jepang di JVAC, antara lain :
1.Waktu pengajuan visa dilayani mulai pukul 09.00 -17.00 WIB.
2.Pengambilan visa dimulai pukul 10.00-15.00 WIB.
3.Hari Sabtu, Minggu serta libur nasional, tidak ada pelayanan.
4.Ada 15 loket antrean yang bisa digunakan. Agar lebih cepat, pemohon juga dapat melakukan reservasi pengajuan visa pada situs resmi JVAC.
5.Proses pembuatan visa membutuhkan waktu selama lima hari kerja, terhitung sejak hari pengajuan. Pemohon bisa memantau proses ini secara online.
6.Biaya pengurusan aplikasi visa Jepang melalui JVAC akan dikenakan per paspor. Untuk aplikasi visa, pemohon dikenakan Rp 155.000, sedangkan untuk registrasi bebas visa e-paspor dikenakan biaya sebesar Rp 115.000.
7.Bagi pemohon yang tinggal di wilayah yurisdiksi Konsulat Jenderal Surabaya, Medan, Denpasar dan Kantor Konsuler Makasar, pengajuan tetap dilakukan di masing-masing perwakilan.
Selain itu, JVAC juga menyediakan beberapa fasilitas, antara lain:
1.Bantuan pengisian formulir aplikasi
2.Photo booth
3.Layanan fotokopi
4.Layanan informasi status visa lewat SMS (berbayar)
5.Layanan pembayaran visa menggunakan kartu kredit (dikenai charge)

Demikian informasi tentang perubahan pengurusan visa ke Jepang, semoga bermanfaat.


    Belajar Bahasa Jepang Otodidak lewat Video di Youtube :


    Belajar Bahasa Jepang, Bisa juga Otodidak sambil nonton video di Youtube WaGoMu, Jangan lupa di share & di subscribe ya.
    Artikel (Japan)dari kategori yang sama