Informasi ini barangkali sudah sangat ditunggu oleh para pembelajar bahasa Jepang, terlebih bagi mereka yang ingin upgrade atau sekedar membuktikan kemampuan bahasa jepangnya saat ini berada di level mana. Kali ini, saya ingin berbagi info terkait cara pendaftaran JLPT secara online di Indonesia. (Untuk yang ingin tau cara daftar JLPT di Jepang, bisa cek website yang ini, Untuk yang diluar Indonesia, bisa cek halaman ini (Klik aja !) ya..) Yups, Japanese Language Proficiency Test (JLPT) memang menjadi salah satu standar kemampuan bahasa jepang yang diakui secara internasional.

Sebelum membahas cara pendaftaran JLPT untuk bulan Desember 2018, btw hasil JLPT bulan Juli 2018 lalu, sudah pada cek hasilnya belum ?! Kalau belum, Kamu bisa cek hasil JLPT bulan Juli 2018, disini (Klik aja !) ya..

Untuk Kamu yang udah gak sabar mau daftar JLPT Desember 2018, silahkan klik DISINI !, Tapi, kalau masih sabar dan perlu informasi lebih lengkap mengenai cara pendaftaran JLPT Desember 2018, Kamu bisa membaca informasi berikut terlebih dahulu.




JLPT Sesi Ke-2 tahun 2018, akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Minggu, 2 Desember 2018
Lokasi Ujian, ada di 10 Kota berikut :
Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Padang, Medan, Manado, Palembang.
(Klik Nama Kota, utk tahu dimana Tempat/Lokasi Penyelenggaraan JLPT Desember 2018)

Biaya ujian yang wajib dibayarkan untuk setiap level, berbeda. Untuk JLPT Desember 2018, Biaya Ujian masing-masing level adalah sebagai berikut :
・N1 Rp.220,000,-
・N2 Rp.190,000,-
・N3 Rp.170,000,-
・N4 Rp.130,000,-
・N5 Rp.120,000,-

Catatan :
・Biaya ujian yang telah dibayarkan, tidak dapat dikembalikan.
・Setelah proses registrasi selesai, lokasi dan level ujian tidak dapat diubah.

Berikut adalah 3 Langkah yang harus diikuti sbg Proses/Cara Pendaftaran JLPT Desember 2018 :

1) Mengisi informasi Peserta Ujian
Disini, kamu wajib melengkapi semua informasi calon peserta ujian, termasuk password (8 digit) & No. Identitas Diri (KTP, Kartu Pelajar, Paspor, SIM), Kemudian silahkan Klik tombol “CONFIRM”
(Kamu akan menerima pemberitahuan berupa User ID melalui email yang didaftarkan)

2) Melakukan pembayaran biaya Ujian, setelah menerima User ID
Pastikan Anda telah menerima User ID via e-mail sebelum melakukan pembayaran biaya ujian. Biaya Ujian bisa dibayarkan melalui transfer bank/ATM (bukan melalui e-banking), mengambil foto bukti transfer kemudian mempersiapkan pasfoto Kamu sendiri dengan ukuran standar/semi formal. (Ukuran pasfoto 3x4 atau 4x6, sangat direkomendasikan)

3) Mengunggah bukti pembayaran dan pasfoto (JPG/PNG only)
Tuliskan Nama Peserta, Tanggal Lahir dan Level Ujian yang diambil pada lembar bukti transfer yang hendak diunggah. Silahkan Upload foto bukti transfer (slip bank/ATM) dan pasfoto Kamu melalui “My Page”.

Catatan : Step 2 & 3 harus diselesaikan dalam 48 jam setelah Step 1 berhasil.

Catatan Lain :
・Alamat E-mail hanya bisa digunakan untuk satu kali registrasi dan untuk satu orang saja.
・Apabila pendaftar Ujian belum menerima User ID lewat email dalam waktu 24 jam setelah melakukan Step 1 (Register), harap menghubungi Panitia Ujian di kota tempat registrasi dilakukan.
・Adakalanya e-mail pemberitahuan User ID diterima sebagai Spam. Oleh karenanya, harap cek kolom Spam juga. Data Spam bisa hilang sewaktu-waktu, harap menyimpan data User ID Anda di folder yang aman.
・Jika Pendaftar Ujian tidak meng-upload bukti transfer bank/ATM dan pasfoto Peserta (versi JPG/PNG) dalam waktu 48 jam setelah melakukan STEP 1, pendaftaran STEP 1 yang sudah dilakukan akan dibatalkan secara otomatis.
・Pendaftaran akan dinyatakan selesai HANYA SETELAH semua Step registrasi (Step 1,2,3) selesai dikerjakan, yaitu sampai selesai meng-upload bukti transfer bank/ATM & pasfoto Anda, serta menerima pemberitahuan pada email Anda.
・Pastikan semua Step Registrasi sudah dilakukan dan menerima konfirmasi untuk semua step lewat email Anda.
・Jika ada pendaftar yang telah melakukan Registrasi Step 1, tetapi tidak melakukan Registrasi Step 2 dan Step 3 dalam waktu 48 jam setelah Step 1, maka nama pendaftar tersebut akan terhapus secara otomatis oleh sistem, dan kuota akan terbuka untuk orang lain.
・Khusus untuk kota Bandung, Yogyakarta dan Denpasar, jika jumlah pendaftar ujian telah mencapai batas yang sudah ditentukan, pendaftaran akan ditutup (meskipun sebelum tanggal 7 September 2018). Sedangkan untuk kota Jakarta, Surabaya, Malang, Padang, Medan, Manado dan Palembang tidak ada pembatasan jumlah pendaftar ujian.
・Selama tombol KUOTA ujian masih bisa dibuka, maka pendaftaran ujian masih dapat dilakukan maksimal sampai dengan tanggal 7 September 2018.

Pada hari pelaksanaan ujian, Peserta diharapkan membawa kartu identitas (KTP, Kartu Pelajar, Paspor, SIM). Anda tidak akan diizinkan untuk mengikuti ujian jika Anda tidak membawa kartu identitas yang mencantumkan pasfoto. Hasil ujian nantinya akan diumumkan dan bisa dilihat secara online melalui situs JLPT berikut http://www.jlpt.jp/e/ pada akhir bulan Januari 2019.





    Artikel (Belajar Bahasa Jepang)dari kategori yang sama