Di Hamamatsu ada Edis Jun yang selama beberapa malam sulit tidur nyenyak akibat was-was kalau kami telat sampai di lokasi. Edis adalah web master sekaligus sales dari WaGoMu, bagian dari Hamazo. Hamazo merupakan penyedia hyper local blog untuk wilayah prefektur Shizuoka yang terpusat di kota Hamamatsu. Mereka sedang merayakan ulang tahunnya yang ke-10, dan dalam acara itulah Tulus akan tampil.

Ini adalah Cuplikan Artikel Yang tertulis di Majalah Rolling Stones Indonesia Edisi Desember 2015.

(Photo Oleh Reiko Ishikawa)

Silahkan Baca Ulasannya di Artikel TULUS : Babad Baru - Website Rolling Stones Indonesia.

Kalau Ingin Ulasan Lengkapnya silahkan baca di Majalah Roliing Stone Indonesia Edisi Desember 2015 Ini (Dari Halaman 50).


Artikel Bertajuk Tulus : Babad Baru ini ditulis sebanyak 8 Halaman, dan begitu membaca tulisan didalamnya beberapa kali menyebutkan Nama Saya (Edis Jun), selain itu disebut Juga Nama Reiko Ishikawa san yang memang berperan sebagai promotor TULUS yang menjadi jembatan penghubung antara TULUS dan Hamazo. Tulus yang memang sedang mengincar Pasar Jepang, dan Kebetulan Hamazo tengah merencanakan Acara peringatan Ulang tahunnya yang ke-10, bak Gayung bersambut, Tulus pun mengambil kesempatan untuk bisa tampil dan mengisi acara Ulang tahun Hamazo yang ke-10 tersebut.

Terus tugas Saya Apa ?
Apa yang saya lakukan ?
Kenapa Nama Saya sampai bisa masuk Majalah Rolling Stone Indonesia ?
Kenapa Sampai Beberapa Malam sebelum TULUS datang ke Lokasi, saya sulit Tidur ?

Barangkali Pertanyaan ini yang mungkin terbesit dibenak teman-teman. Hehehe

Kalau boleh bilang, Saya hanya Bertugas Sebagai Eksekutor. Dimana satu-satunya Staff Hamazo atau C Point Corporation di Indonesia dan yang mengerti Bahasa Indonesia di Perusahaan hanya Saya seorang diri. Oleh karena itu, Saya bertugas menterjemahkan Kontrak tentang rencana Tampilnya TULUS di Acara Ulang Tahun Hamazo. Dan Pada Akhirnya, Saya Yang harus Meyakinkan Pihak Manajemen TULUS tentang Isi Kontrak Tersebut. Walaupun sempat ada beberapa point yang direvisi, tetapi Akhirnya, Akhir September, tepatnya Tanggal 23 September 2015 Melalui telepon Kami berhasil meyakinkan Pihak Manajemen TULUS.

Acara Hamazo 10th Anniversary digelar selama 2 hari pada tanggal 10,11 Oktober 2015, sedangkan Kontrak TULUS baru saya terima tanggal 26 September 2015 (dikirim via Pos), Tanggal 27 September 2015 saya sudah harus berangkat Ke Jepang. Bisa dibayangkan Waktu yang saya punya untuk mensosialisasikan Fix`nya TULUS akan tampil hanya dalam waktu yang kurang dari 3 Minggu.

Waktu 3 Minggu untuk menyampaikan informasi tentang Akan Tampilnya TULUS di Hamamatsu, memang bukan waktu yang banyak, Terlebih Acara Ulang Tahun Hamazo ini sudah kami persiapkan selama 1 Tahun terakhir. Tapi Justru inilah Challenge`nya ! TULUS mungkin sangat terkenal di Indonesia, tetapi di Jepang, sekalipun dikalangan Orang Indonesia, Masih jarang sekali orang yang mengenalnya.


Cara yang saya dan perusahaan lakukan adalah mendesain ulang Leaflet, mencetak dan membagikannya secepat mungkin. Bahkan dileaflet sampai tertulis (緊急出演) = Urgent / Emergency Performance. Menulis Informasinya di Blog Personalku, kemudian Share di Facebook ataupun Media Sosial lainnya. Press Release di Beberapa Surat Kabar Lokal Jepang. Berkolaborasi dengan WASABI (Wadah Suara Anak Bangsa Indonesia) yang merupakan perkumpulan Orang Indonesia di Seluruh Jepang. Membuat Stand atau Booth Indonesia sebagai tempat berkumpul Orang Indonesia yang juga diramaikan oleh Nomi Trademark - Japan. Dan beberapa hal lain yang belum saya tuliskan disini. Termasuk mengirimkan Leaflet baru yang didalamnya terdapat informasi tentang TULUS ke beberapa tempat yang sering dikunjungi Orang Indonesia di Kota Hamamatsu, dari mulai Kelas Bahasa Jepang, Restoran Indonesia, Lounge Bar yang kebetulan pemiliknya Suka dengan Indonesia, Ke Mega Kebab dan tempat lainnya. Semuanya dilakukan hanya dalam waktu kurang dari 3 Minggu. Luar Biasa Lelahnya.


Kenapa beberapa hari sebelum team TULUS datang ke Lokasi saya tidak bisa tidur, kira-kira sudah terjawab kan ?
Ditambah lagi, TULUS yang baru bisa berangkat dari Jakarta tanggal 10 Oktober, Malam hari, yang Pesawatnya dijadwalkan mendarat di Haneda - Tokyo Tanggal 11 Oktober Pukul 09:00. Sedangkan TULUS Harus tampil di Kota Hamamatsu (Jarak dari Tokyo - Hamamatsu, sejauh 278 Km yang bisa ditempuh sekitar 4 Jam Perjalanan Bus, dengan Kondisi jalan Lancar), dengan jadwal tampil pukul 15:30 Waktu Jepang. Ditambah lagi Pihak HIS Travel yang membawa rombongan, kukuh tidak mau menggunakan Shinkansen sebagai Moda Transportasi Team TULUS.

Coba Bayangkan, Apa yang harus saya Lakukan kalau seandainya TULUS Terlambat datang ke Lokasi, gara-gara Pesawat yang mengalami Delay , Bus Yang terjebak Macet, dan lain sebagainya. Sementara TULUS tampil di akhir acara Kami. Huuffft, Gak bakalan bisa tidur deh kalau udah mikirin hal ini. Tapi Syukurlah, Rombongan TULUS datang 90 Menit sebelum jadwal Performnya.


Begitu Rombongan TULUS Datang, saya jadi lebih sibuk lagi. Karena harus bertugas menjadi Penerjemah antara Team Tulus dan Team Acara Hamazo. Penerjemah antara Band Pengiring serta Sound Engineer TULUS dengan Sound Engineer dari Quest Music. Serta yang menjadi pengalaman sangat berharga bagi saya adalah Menjadi Penerjemah ketika TULUS Berada diatas Panggung, dan Ketika TULUS diwawancarai oleh pihak TV Lokal.



Lelahnya Perjuangan pun terbayar karena Sekitar 200 Orang Indonesia yang tinggal di Jepang juga turut meramaikan Acara Ulang Tahun Hamazo yang berlangsung selama 2 Hari yang diakhiri oleh Performance Luar Biasa dari TULUS.

Terima Kasih Banyak Presdir Hamazo (Sano`San), Kang Ibey dan Teman-teman Wasabi, Reiko San (Promotor / Penghubung TULUS dan Hamazo), Team TULUS, Ka`Wening (Wartawan Rolling Stone Indonesia), serta semua pihak yang telah bekerja sama untuk suksesnya acara Ulang Tahun Hamazo, dan Suksesnya Performance dan Launching lagu berbahasa Jepang Pertama TULUS (Kutsu - Sepatu) ini.


Terima Kasih Banyak.
Begitu banyak hal luar biasa yang saya alami ditahun 2015 ini, dan Ini adalah salah Satunya. Semoga bisa terus berkarya dan berjuang untuk melakukan yang terbaik dan membawa manfaat untuk kita semua. Aamiin.


    Artikel (Profile and Dream)dari kategori yang sama